Selasa, 00 0000 00:00 WIB
Tematis Performa Motor Sport Ala Bengkel

Yuk Bikin Kawasaki Ninja 150 R/RR Tambah Kenceng, Ini Kunciannya!

OTOMOTIFNET - Kawasaki Ninja 150R/RR emang berkarakter motor kencang. Tapi bukan berarti kuda besi 2-Tak ini enggak bisa dibikin lebih beringas dan mengentak. Seperti sajian jurus-jurus yang disiapkan beberapa bengkel spesialis Ninja 150. Oh ya, dananya dipatok Rp 2,5-3 juta. Berikut beberapa di antaranya. Yuk disimak!

D2M

Bengkel milik Didi Nurhadi ini bermarkas di jln. Kapin, Kampung Baru No.1, Pondok Kelapa, Kalimalang, Jaktim. Telah 10 tahun bergelut di dunia balap. Prestasi yang diraih, jadi juara umum drag bike di Sirkuit Sentul tahun 2005–2007.

Selain untuk balap, Didi juga menyediakan paket kohar (korek harian). “Dengan budget Rp 2,5-3 juta, utamanya menggarap blok silinder dengan di-porting & polish, lalu dapat knalpot CMS/DBS tipe kolong dan karburator Keihin PE 28,” ujar Didi sembari bilang pengerjaan hanya memakan waktu 2 hari. Garansi gak? “Untuk garansi tak terbatas, sampai keluhan konsumen teratasi,” tutupnya.

Scorpio Motorsport (SM)

Soal korek harian, sudah jadi menu harian bengkel SM. Toh, ia juga pernah dapat juara ketiga di OMR Ninja. Lalu, apa aja yang dilakukan bengkel di Jl. Meruya Selatan, No.53, Jakbar ini? Seperti dilakukan Didi dari D2M, utamanya porting & polish blok silinder untuk memperlancar aliran campuran bahan bakar dan udara.

 Lalu memapas kepala silinder untuk mengatur ulang kompresi, “Besarnya papasan disesuaikan sama bahan bakar yang akan dipakai,” terang B. Heru Mustafa, pemilik bengkel.

Selanjutnya me-reamer karburator jadi 30 mm, dari yang standarnya 28 mm. Untuk setelan spuyer menyesuaikan permintaan mesin. Lalu agar pembuangan lancar knalpot standarnya dibobok.

“Terakhir meng-custom rumah kopling agar tenaga tersalur maksimal ke roda,” tambahnya sambil bilang waktu pengerjaannya hanya 4 hari. Garansi? Pastinya, silakan kembali jika ada perubahan atau masih kurang enak.


Power lebih maksimal dengan custom rumah kopling

Reamer karburator dan porting di cylinder head serta blok jadi menu utama

Dodo Motor Cycle (DMC)

Beralamat di Jl. Raya Jati Melati No.8, Kec. Pondok Melati, Bekasi. Sudah berperan lama di dunia balap, khususnya drag bike. Dodo salah satu mekanik dan sekaligus pemilik bengkel tersebut sudah banyak dikenal di daerah Bekasi.

Dengan dana Rp 2,5-3 juta, pengerjaannya meliputi reamer karburator, setting ulang pengapian, dan porting & polish. Karena sudah ngelotok dengan mesin Ninja, pengerjaan tak lama, “Sekitar 2 hari saja,” ungkap pria asli Betawi ini. Sedang garansi sampai motor enak sesuai kemauan konsumen.

“Dengan budget segitu, speknya bisa dipakai untuk harian maupun turun balap,” ungkap Dodo. Kalo soal prestasi di dunia drag bike, Dodo pernah meraih juara 3 kelas FFA di sirkuit Sentul dan juara 2 FFA yang diadakan di Kemayoran baru-baru ini.

Paket  ala D2M
Porting & Polish + Karburator Keihin PE 28
1,6 juta
Knalpot CMS/DBS
1,2 juta
Total 2,8 juta
D2M: 0856-1093007
Paket  ala SM
Porting & Polish + reamer Karburator
1,5 juta
Rumah kopling custom SM
350 ribu
Bobok knalpot
150 ribu
Total 2 juta
Scorpio Motorsport (SM): 0-92225382
Paket  ala DMC
Porting & Polish + reamer Karburator 650 ribu
Kruk as Kawasaki ZX 150
1,2 juta
Per kopling KRT
150 ribu
Membran reed valve
300 ribu
Knalpot custom HRD 700 ribu
Total 2,9 juta
DMC (Dodo Motor Cycle)
021-91664661

 

Penulis/Foto: Kadafi / Salim, Kadafi

Penulis : Arseen | Teks Editor : | Fotografer :

Kirim Komentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengisi komentar

Karakter tersisa.

Disclaimer

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis , kasar , berisi fitnah, atau berbau SARA