Selasa, 00 0000 00:00 WIB
Tematis Skutik Kencang

Mau Ganti Kampas Kopling Centrifugal CVT? Bisa Pilih Racing, Substitusi Atau Pantek!

OTOMOTIFNET - Kampas kopling centrifugal berfungsi menjepit mati rumah kopling saat belt bergerak. Namun seringkali kalah melawan torsi yang dihasilkan mesin saat akselerasi awal. Berujung terjadinya gejala selip karena kampas tak kuat menahan rumah kopling. Menjadi percuma meski tenaga mesin sudah besar.

Ngakali kampas kopling centrifugal bisa beragam cara. Dari mengganti assembly unit versi racing, substitusi dari merek lain dengan spesifikasi lebih baik atau melakukan ubahan sendiri pakai material dan desain sesuai kebutuhan. Untuk yang terakhir, istilah kerennya kopling pantek.

Cara pertama tentu paling praktis karena merek aftermarket berembel-embel racing seperti LHK, CLD, Kawahara atau TDR sudah menyediakannya untuk skutik kesayangan. Tetapi jangan kaget bila harganya juga di atas rata-rata. 

“Bila kampas standar dibanderol antara Rp 250-275 ribu, versi racing bisa di atas Rp 300-350 ribu,” jelas Edi dari Kencana Motor Sport di Kemanggisan, Jakbar. Ini lantaran kualitas barang yang diklaim lebih baik dari standar dan asal-usul barang yang masih impor dari luar negeri.

Cara kedua, melakukan substitusi dari kampas kopling merek lain. Semisal kampas kopling centrifugal Honda BeAT yang punya dimensi kampas lebih lebar dan panjang tetapi bisa langsung pakai ke Yamaha Mio. Dengan harga lebih bersahabat, cengkeraman kampas centrifugal ke rumah kampas bisa lebih yahud.


Mesti pantekan tetapi di back-up garansi

Versi racing lebih praktis

Paket lengkap dengan sliding sheave

Substitusi dari merek lain juga efektif

Cara terakhir yang lazim disebut kampas pantek. Prosedurnya sama dengan proses pantek kopling atau rem di mobil. Tinggal bawa sepatu kampas untuk dipantek kampas anyar. “Bahannya beragam mulai dari kualitas biasa sampai yang heavy duty,” jelas Widodo dari Anugrah Jaya, spesialis kampas pantek di sentra onderdil Taman Sari, Jakpus.

Semakin bagus bahan, kian mahal harganya. Mulai material merek Akebono hingga Caterpilar. Untuk 1 set kampas kopling sentrifugal (3 buah) dibanderol antara Rp 125-175 ribu. Meski pemasangannya menggunakan lem, kekuatannya dijamin hingga 1 tahun. “Ketebalan dan dimensi bisa diatur sesuai kebutuhan,” ungkap Widodo lagi.

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Penulis : Arseen | Teks Editor : | Fotografer :

Kirim Komentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengisi komentar

Karakter tersisa.

Disclaimer

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis , kasar , berisi fitnah, atau berbau SARA